Langsung ke konten utama

Puisi Tema Guru


Sajak Anak Kolong Jembatan 🌱
Karya Septa Mila Sari

Berlari, tubuh ini terbakar sengat
Kaki mungil menuju bus dengan semangat
Bertemulah kita, pertama kalinya kita berjabat
Kau tersenyum manis, melihat hidupku yang kelat

Mengalir cerita tentang dunia yang kejam
Bagi insan yang tiada berpendidikan
Kau rayu aku, agar masuk gubuk ilmu
Supaya kelak, istana kolongku menjadi rumah kayu

Menatap kepulan asap, kau kutip sebuah petuah
Ing ngarsa sung tulada,
 Ing madya mangun karsa,
Tut wuri handayani

Katamu, syair pujangga tak seindah petuah itu
Petuah Ki Hajar Dewantara
Yang menjadi pembangkit semangat dalam jiwa
Meski kini kau telah termakan usia

Ku panggil kau guru
Ohh oase padang pasirku
Sang super hero penyelamat kehidupan kelabu
Surganya ilmu bagiku, anak kolong jembatan pasar Sabtu

Pedang, 06 Oktober 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Teknik Membaca Cepat

KATA PENGANTAR         Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, puji syukur atas Kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah membaca komprehensif tentang “Teknik Membaca Cepat”. Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak dalam proses pembuatan makalah ini, untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.           Dalam pembuatan makalah ini kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah kami ini masih ada   kekurangan   baik dari susunan, kalimat, maupun tata bahasa. Oleh karena itu, saran dan kritik dari teman-teman dan dosen sangat kami harapkan untuk dapat memperbaiki makalah kami kedepannya. Diharap makalah membaca komprehensif tentang “Teknik Membaca Cepat” dapat memberikan ma...

makalah ke-pgri-an hubungan pgri secara vertikal dan horizontal

BAB I PENDAHULUAN B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, dapat dirumuskan masalah-masalah yang akan dibahas sebagai berikut. 1. Bagaimana kerjasama PGRI secara vertikal ? 2. Bagaimana kerjasama PGRI secara horizontal ? 3. Bagaimana hubungan PGRI dengan pemerintah pusat ? 4. Bagaimana hubungan luar negeri dengan Educational International (EI) ? C. Tujuan Pembahasan 1. Untuk mengetahui bagaimana kerjasama PGRI secara vertikal . 2. Untuk mengetahui bagaimana kerjasama PGRI secara horizontal. 3. Untuk mengetahui bagaimana hubungan PGRI dengan pemerintah pusat. 4. Untuk mengetahui bagaimana hubungan luar negeri dengan Educational International (EI) D. Ruang Lingkup Adapun ruang lingkup makalah ini hanya membahas mengenai kerjasama PGRI secara vertikal, kerjasama PGRI secara horizontal, hubungan PGRI dengan pemerintah pusat serta membahas mengenai hubungan luar negeri dengan EI (Educational International). E. Man...

Makalah Evaluasi Pembelajaran Penilaian Autentik

PENILAIAN AUTENTIK A. HAKIKAT PENILAIAN AUTENTIK Penilaian merupakan proses sistematis dalam pengumpulan, analisis, dan penafsiran informasl untuk menentukan seberapa jauh seorang peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikan (Nurgiyantoro, 2011:22) Istilah otentik, dapat berarti dan sekaligus menjamin objektivitas, nyata, benar-benar hasil tampilan peserta didik, akurat, dan bermakna. Adapun untuk penilaian otentik sebenarnya sudah lama dikenal dalam dunia pendidikan, walau di Indonesia hal itu terkesan baru. Ia baru naik daun dan ramai-ramai dibicarakan setelah pelaksanaan KTSP menyarankan penggunaan pembelajaran kontekstual, dan di pihak lain, penggunaan strategi pembelajaran itu menunjuk penggunaan penilaian otentik dalam hal pengukuran hasil pembelajaran peserta didik. Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pelaksanaan guru. Penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013 dia...